DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA NASA. MELAYANI PEMESANAN PRODUK KE SELURUH NUSANTARA DAN MANCANEGARA BPK. ECEP KUSWANDI CALL WA : 0822 7133 7101

CARA TERNAK BABI YANG BAIK

CARA TERNAK BABI YANG BAIK


CARA PEMELIHARAAN TERNAK BABI YANG BAIK


ECEP KUSWANDI : CALL WA : 0822 7133 7101

CARA TENAK BABI YANG BAIK
A. Memilih bibit babai yang baik.
CARA MEMILIH BIBIT BABI
Pemilihan bibit yang baik adalah langkah awal keberhasilan suatu usaha ternak, beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memilih bibit : 
1. Babi yang sehat, bentuk tubuh yang sempurna dengan kiteria : letak puting simetris dan berjumlaqh 12 kiri kanan, ambing yang besar dengan saluran darah terlihat, tubuh padat/kompak, kaki tegap dan kokoh, tubuh panjang. 
2. Anak babi yang akan di ternakan harus dari induk yang menghasilkan anak banyak, 5 ekor lebih dalam satu kali melahirkan. 
CARA TERNAK BABI YANG BAIK
B. Pemeliharaan
BUDIDAYA TERNAK BABI YANG BAIK
Anak babi sejak lahir sampai umur 10 hari adalah masa kritis, sebab anak babi sangat sensitif dan tidak berdaya menghadapi lingkungan yang berat. kematian anak babi sangat menonjol apabila tatalaksana dan pemeliharaan induk dan anak kurang baik. oleh karena itu ada hal hal yang harus diperhatikan:
CARA MEMELIHARA TERNAK BABI YANG BAIK
1. pembuatan kandang dengan sekat pengaman dalam kandang, tempat makan.
2. menjaga kebersihan kandang secara teratur
3. setelah anak babi lahir, tali pusar segera diolesi betadine, untuk mengapitasi infeksi.
4. memberi makan dan minum secara teratur.
5. bila induk babi mati,anak babi yang masih kecil dapat dipisahkan keinduk yang lain atau diberi susu penggati sebanyak 0,2-0,4 liter per ekor per hari sampai umur 5 minggu. babi jantan yang digunakan sebagai penjantan pada umur 10 bulan dapat mengawini 1-2 ekor babi/hari dan dalam seminggu jangan melebihi dari 3 kali kawin.
pembandingan jumlah pejantan dan induk babi 1 ekor : 8-10 ekor. anak babi yang tidak digunakan sebagai pejantan sebaiknya segera di kabiri berumur kurang lebih 3 minggu. babi yang digunakan sebagai calon induk dikawinkan pertama kali pada umur 9 bulan, sedangkan induk babi yang baru melahirkan dapat dikawinkan kembali setelah umur 12 minggu atau setelah anaknya di sapih.
TERNAK BABI YANG BAIK

C. Ransum dan tehnik pemberiannya 
TIPS TERNAK BABI YANG BAIK
makanan untuk babi biasanya merupakan campuran basil basil pertanian dan basil basil ikan, sisa-sisa dapur, hijauan muda sebagai sumber vitamin seperti kangkung, keladi, ketela pohon, garam dapur dan lain lain. susunan makanan yang diberikan seperti bungkil kelapa, dedak, jagung, sisa sisa ubi kayu, ubi jalar dan daun daun ikutan pertanian.
jumlah pakan yang diberikan :
- umur sekitar 8 minggu 0,25 kg/ekor/hari
- umur 1 tahun 2 kg/ekor/hari
- induk yang tidak bunting / tidak menyusui 2 kg /ekor /hari
- induk yang bunting 2,5 kg /ekor /hari
- induk yang menyusui 2 kg / ekor /hari ditambah 0.25 kg dikali jumlah anak babi yang di susui
- pejantan 3-4 kg /ekor/hari
makanan diberikan 2-3 kali sehari. ternak babi disamping membutuhkan makanan juga membutuhkan air minum yang cukup setiap hari dan disediakan secara tak terbatas dalam kandang sehingga babi dapat minum sesuai kebutuhannya.

selain makan dan minum yang cukup, ternak juga membutuhkan nutrisi yang seimbang dan mampu mempercepat pertumbuhannya. babi induk yang baru melahirkan pun perlu vitamin untuk mengembalikan energi yang telah dikeluarkan sehabis melahirkan.



VITERNA PLUS hadir dalam dunia peternakan organik untuk membatu semua permasalahan peternakan khususnya di bidang percepatan pertumbuhan, penggemukan, kesehatan ternak, dan banyak lagi manfaat produk VITERNA untuk menujang keberhasilan dalam budidaya ternak, termasuk ternak babi. kunci keberhasilan budidaya ternak babi adalah kita menjalankan dengan tehnik budidaya yang benar dan didukung teknologi pengetahuan pembudidaya tentang teknologi pendukung keberhasilan dalam budidaya tersebut.

dan pastikan meraih masa depan yang lebih baik dengan bergabung menjadi distributor nasa bersama kami...!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA TERNAK BABI YANG BAIK"

Posting Komentar